Tuesday, January 24, 2012

6 Tips Berlibur Menggunakan Kendaraan Pribadi



Tragedi mobil Xenia di Tugu Tani yang memakan banyak korban, mengingatkan betapa kita tak boleh teledor dalam berkendara. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda, termasuk ketika berlibur menggunakan kendaraan pribadi.
Menggunakan kendaraan pribadi ketika berlibur memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya adalah kebebasan bagi Anda dalam menjelajah suatu tempat, bahkan yang tak terjamah oleh alat transportasi umum. Anda juga tak perlu susah payah membawa tas punggung serta berbagai perlengkapan lainnya.

Baik itu bersama keluarga maupun teman, menggunakan kendaraan pribadi memang dianjurkan jika Anda menginginkan eksplorasi tempat yang maksimal. Namun, ada beberapa hal yang patut diperhatikan jika ingin berlibur menggunakan kendaraan pribadi, baik itu motor maupun mobil.
detikTravel, Selasa (24/1), menghimpun 6 tips bagi Anda ketika berlibur menggunakan kendaraan pribadi:

1. Periksa kembali kendaraan

Motor maupun mobil harus berada dalam kondisi prima. Periksa tekanan ban, kapasitas air dan kondisi aki, radiator, serta oli. Jika belum yakin, bawalah kendaraan Anda ke bengkel untuk diperiksa masing-masing komponennya. Jangan lupa memastikan bensin terisi secara penuh sebelum memulai perjalanan, karena SPBU tak selalu ada di tempat-tempat terpencil.

2. Lengkapi kendaraan dengan peralatan darurat

Ban serep beserta kuncinya, dongkrak, obeng, kunci inggris, senter, juga segitiga pengaman adalah beberapa alat penting yang harus ada dalam kendaraan. Penting bagi Anda untuk mengetahui letak semua peralatannya. Jika Anda seorang pengendara wanita, jangan sungkan untuk belajar mengganti ban dan beberapa hal teknis lainnya. Keahlian ini akan sewaktu-waktu diperlukan.

3. Jangan lupa charger ponsel dan nomor darurat

Jika berkendara dengan mobil, alangkah baiknya jika Anda membawa charger ponsel khusus di mobil. Charger khusus ini bisa Anda dapatkan di toko-toko aksesori ponsel. Anda bisa menghemat waktu, karena tak perlu lagi sengaja berhenti untuk mengisi baterai ponsel. Charger semacam ini berguna untuk memastikan ponsel Anda punya cukup daya untuk berkomunikasi dengan dunia luar, terutama jika Anda mengalami hal-hal yang tidak diinginkan di lokasi yang sulit.

Jangan lupa catat nomor-nomor telepon penting seperti asuransi, mobil derek, ambulans atau rumah sakit, juga polisi. Ponsel yang selalu siaga dan nomor darurat yang sudah Anda siapkan, menjadi kombinasi pas untuk menghadapi kondisi darurat di perjalanan.

4. Jaga kebugaran selama berkendara

Kebugaran dan kesehatan tubuh sangat penting bagi para pengendara, baik motor maupun mobil. Dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam berkendara, apalagi jika Anda menyetir di jalanan antar kota atau provinsi.

Makanlah yang teratur, terutama sebelum memulai perjalanan. Konsumsi makanan bergizi, dan sediakan air mineral untuk persediaan dalam kendaraan. Makanan ringan juga penting sebagai pengganjal perut, menghindari buyarnya konsentrasi karena rasa lapar.

5. Beristirahatlah ketika dibutuhkan

Jangan paksakan tubuh Anda. Jika lelah mulai terasa, carilah tempat peristirahatan yang cukup nyaman di sepanjang perjalanan. Jalanan antar kota atau provinsi biasanya memiliki beberapa tempat peristirahatan, termasuk yang dilengkapi dengan restoran dan kamar mandi/mushala. Satu atau dua jam cukup untuk membuat Anda kembali bugar.

Siapkan bantal dan selimut di dalam mobil Anda. Hal ini sangat berguna untuk istirahat kilat. Bahkan, Anda bisa mengganti kamar hotel dengan melipat jok belakang mobil dan menggantinya dengan kasur lipat!

6. Jauhi alkohol dan obat-obatan terlarang

Ini dia yang paling penting. 5 Tips sebelumnya akan menjadi percuma saja jika Anda nekat mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Kedua hal tersebut secara otomatis akan membuyarkan konsentrasi Anda di belakang kemudi, apalagi jika Anda menempuh perjalanan jauh dalam liburan.

Jauhi minuman beralkohol, apalagi obat-obatan terlarang karena dampaknya akan sangat berbahaya bagi keselamatan. Tak hanya pengendara, para penumpangnya juga harus menjauhi kedua hal ini agar tidak terjadi kecelakaan maupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Cukuplah tabrakan maut Xenia jadi pelajaran untuk kita semua agar berhati-hati di jalan raya.
sumber detik.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...