Wednesday, January 18, 2012

Pembalap Italia Minim, Siapa Penerus Valentino Rossi?


Dengan usia yang terus beranjak senja, Valentino Rossi harusnya punya calon penerus yang akan bisa melanjutkan nama besar Italia di ajang MotoGP. Faktanya, rider-rider asal Italia justru menyusut jumlahnya di musim 2012.

Berdasarkan entry list yang sudah dirilis FIM untuk tiga kelas GP (MotoGP, GP2 dan GP3)musim 2012, total tercatat cuma ada 13 pembalap asal Italia yang akan berparisipasi. Jumlah tersebut bahkan sudah termasuk Alex de Angelis yang aslinya adalah San Marino, sebuah negara kecil di Italia.

Untuk kelas MotoGP, Italia akan diwakili empat pembalap. Mereka adalah Andrea Dovizioso (Monster Yamaha Tech 3), Valentino Rossi (Ducati Team), Michele Pirro (San Carlo Honda Gresini) dan Danilo Petrucci (Ioda Racing). Dua pembalap asal Italia yang berpartisipasi di 2011 namun menghilang musim ini adalah Loris Capirossi yang memutuskan pensiun dan Marco Simoncelli yang tewas dalam kecelakaan di Sepang.

Italia terhitung beruntung punya empat pembalap di kelas paling bergengsi ini, soalnya dua nama yang disebut belakangan (Michele Pirro dan Danilo Petrucci) akan tampil sebagai perwakilan tim CRT (Claiming Rule Teams) yang baru diperkenalkan musim ini. Sejak tahun 2000, Italia paling sedikit hanya mengirim tiga pembalap dalam satu musim di kelas 500cc/MotoGP (2006 dan 2007), sementara terbanyak adalah enam rider (2005 dan 2009).

Dari kelas Moto2, penurunan jumlah pembalap asal Italia terasa lebih drastis. Jika pada dua musim terakhir jumlahnya berturut-turut ada sembilan dan delapan pembalap, maka musim 2012 ini tingga lima rider saja. Mereka adalah Roberto Rolfo, Raffaele De Rosa, Alex Baldolini dan Mattia Pasini serta Alex De Angelis.

Bibit-bibit muda Italia yang berlaga di kelas Moto3 saat ini juga tak bisa dibilang banyak. Untuk musim yang akan segera dimulai cuma ada empat pembalap Italia yakni Luigi Morciano, Romano Fenati, Alessandro Tonucci dan Niccolo Antonelli.

Jumlah 13 pembalap Italia yang berlaga di seluruh kelas Grand Prix kalah jauh dari Spanyol yang total punya 24 rider. Berturut-turut dari kelas tertinggi ke kelas terendah, Spanyol diwakili oleh enam, sepuluh dan delapan pembalap. Sumber detik.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...